NqJaNWx6NqJdLGt8MqZ9NWB8MncsynIkynwbzD1c

Materi Pelatihan Berbasis Kompetensi Sesuai Standar Kepdirjen Binalavotas Terbaru

Artikel ini dibuat oleh : Luki Tantra (Certified Professional Learning & Pe…

BLANTERLANDINGv101
2430772409856040656

Materi Pelatihan Berbasis Kompetensi Sesuai Standar Kepdirjen Binalavotas Terbaru

Jumat, 08 September 2023

Materi Pelatihan Berbasis Kompetensi Sesuai Standar Kepdirjen Binalavotas Terbaru

Artikel ini dibuat oleh : Luki Tantra (Certified Professional Learning & Performance/ C.PLP, C.HRBP, C.HRM)

Selamat datang di ID Motivator

Tahukah Anda? Materi pelatihan berbasis kompetensi

Saat ini telah terbit Keputusan direktur Jenderal Pembinaan Pelatihan Vokasi dan Produktifitas Nomor 2/771/HK.05/III/2023 Tentang Pedoman Penyusunan Program dan Materi Pelatihan Berbasis Kompetensi (Kepdirjen Binalavotas No 2/771/HK.05/III/2023).

Hadirnya Kepdirjen Binalavotas No 2/771/HK.05/III/2023 ini penting karena instruktur kompetensi/ instruktur tersertifikasi BNSP pada khususnya dan Trainer pada umumnya akan segera menyesuaiakn cara/ teknik pembuatan program pelatihan berbasis kompetensi/ Modul Pelatihan Berbasis Kompetensi meeka mengikuti peraturan terbaru.

| Baca Juga: Membuat Materi Pelatihan K3 yang Efektif

Latar Belakang Kepdirjen Binalavotas No 2/771/HK.05/III/2023

Dikutip dari salinannya, Latar belakangnya begini; Pemerintah melalui Peraturan Presiden Nomor 68 Tahun 2022 tentang Revitalisasi Pendidikan Vokasi dan Pelatihan Vokasi mengamanahkan perlunya pembenahan pendidikan vokasi dan pelatihan vokasi secara menyeluruh, berkesinambungan, terintegrasi, dan terkoordinasi.

Salah satu tujuannya untuk meningkatkan akses, mutu, dan relevansi penyelenggaraannya guna menghasilkan lulusan yang memiliki kompetensi, produktivitas, dan daya saing agar sesuai dengan kebutuhan pasar kerja. Terkait dengan pelatihan vokasi yang meliputi pelatihan kerja dan kursus keterampilan kerja merupakan keseluruhan kegiatan untuk memberi, memperoleh, meningkatkan dan mengembangkan kompetensi kerja, produktivitas, disiplin, sikap, dan etos kerja pada tingkat keterampilan dan keahlian tertentu sesuai dengan jenjang dan kualifikasi jabatan atau pekerjaan untuk bekerja dan atau berwirausaha.

Pelatihan vokasi bertujuan untuk memberikan pembekalan kompetensi kerja (skilling), alih kompetensi kerja (res killing), dan peningkatan kompetensi kerja (ups killing).

Kementerian Ketenagakerjaan sebagai instansi pembina bidang ketenagakerjaan, sekaligus bertanggungjawab terhadap pelatihan vokasi secara nasional memiliki peran yang sangat penting dalam pembinaan pelaksanaan dan koordinasi pelatihan berbasis kompetensi secara nasional.

Salah satu bentuk pembinaan yang dilakukan adalah menyediakan pedoman atau petunjuk pelaksanaan sebagai panduan dalam pelaksanaan dan koordinasi pelatihan berbasis kompetensi. Sebagai bagian dari sumber daya pelatihan, maka keberadaan program dan materi pelatihan akan menentukan arah dan kualitas suatu proses pelatihan berbasis kompetensi yang dilakukan oleh setiap lembaga pelatihan kerjajvokasi meliputi Lembaga Pelatihan Kerja pemerintah, Lembaga Pelatihan Kerja perusahaan, dan Lembaga Pelatihan Kerja swasta.

BLANTERLANDINGv101

Formulir Kontak Whatsapp×
Data Anda
Data Lainnya
Kirim Sekarang