NqJaNWx6NqJdLGt8MqZ9NWB8MncsynIkynwbzD1c

Cara Menentukan Job Description untuk Perusahaan

Perusahaan atau instansi membutuhkan layanan Motivator? Info lebih hub 0895-063…

BLANTERLANDINGv101
2430772409856040656

Cara Menentukan Job Description untuk Perusahaan

Kamis, 22 Juli 2021

 

Cara Menentukan Job Description untuk Perusahaan

Cara Menentukan Job Description untuk Perusahaan

Peran Job Description

Di mata pencari kerja, job description jadi kesan awal mereka terhadap pekerjaan serta industri yang mau dilamar. Oleh sebab itu, deskripsi pekerjaan sepatutnya tidak cuma menggambarkan keahlian serta pengalaman kerja yang Anda cari, namun pula sediakan sekilas data yang menimpa industri serta pula spesifikasi posisi. 

Job description wajib bisa menanggapi segala persoalan kandidat serta menarik mereka yang potensial buat melamar. Sayangnya, banyak industri mengabaikan deskripsi pekerjaan selaku bagian berarti dari rekrutmen karyawan. Mereka cuma menulis deskripsi universal, ataupun lebih parah lagi tidak memasukkan data berarti. 

Anda butuh mencermati komponen apa saja yang hendaknya dimasukkan ke dalamnya dengan menyertakan penjelasan perinci.

10Aspek Cara Menentukan Job Description

#1 Judul Pekerjaan 

Ini ialah bagian awal yang hendak menarik atensi dari calon kandidat. Judul pekerjaan menggambarkan kedudukan ataupun posisi dan tingkat di dalam industri. Judul wajib jelas serta menarik pelamar buat terus membaca deskripsi lengkapnya. Jauhi membuat judul pekerjaan yang membingungkan ataupun dengan sebutan tidak umum yang hendak membuat calon kandidat mengabaikan iklan Anda. 

Tidak hanya itu, bahasa yang tidak terkenal pula membuat iklan Anda tenggelam serta tidak timbul di pencarian online. Karena derasnya informasi di dunia online.

#2 Lokasi

Seandainya seseorang kandidat merasa cocok dengan pekerjaan yang Anda tawarkan, mereka bisa jadi tidak melanjutkan melamar bila tidak terdapat data menimpa posisi pekerjaan. Posisi ataupun penempatan karyawan sepatutnya ditulis jelas di bagian atas supaya calon kandidat ketahui apakah pekerjaan tersebut membolehkan untuk dirinya bekerja ataupun tidak. 

Maka sebaiknya Anda mengatakan alamat kantor, pada tulisan iklan tersebut supaya memudahkan calon kandidat untuk melemar dan mereka tidak butuh lagi mencari tahu dimana alamatnya. Cantumkan penjelasan bila posisi tersebut membolehkan melakukan telpon ataupun kerja fleksibel.

#3 Tujuan Peran 

Saat sebelum Anda masuk ke seluk-beluk tanggung jawab, buat ringkasan tentang apa yang dibutuhkan pekerjaan itu. Tuliskan kenapa industri Anda mempekerjakan kedudukan tersebut, tujuan pekerjaan, serta gimana calon karyawan diharapkan menggapai tujuan tersebut.

Tujuan kedudukan ialah dasar dari tanggung jawab pekerjaan yang akan mereka hadapi.

#4 Tanggung Jawab Peran 

Uraikan tanggung jawab kedudukan dalam poin-poin berarti sehingga jadi suatu catatan tugas untuk mereka. Kandidat yang sempat melaksanakan tugas tersebut di pekerjaan sebelumnya yang hendak merasa percaya kalau mereka sesuai buat posisi yang Anda tawarkan.

Tulislah tanggung jawab pekerjaan memakai sebutan yang cocok dengan profesi. Bahasa yang akurat pula menolong kandidat lebih gampang menguasai apa yang Anda janjikan.

#5 Keahlian serta Latar Pendidikan 

Di bagian ini, Anda cuma butuh membuat catatan keahlian yang dibutuhkan buat melaksanakan pekerjaan itu. Sebagian posisi mensyaratkan latar balik pembelajaran yang relevan, misalnya kedudukan yang memerlukan pengetahuan, kompetensi, ataupun sertifikasi. 

Bila Anda memerlukan kedudukan terpaut dengan leadership di industri, maka Anda butuh menuliskan keahlian sosial yang mesti dipunyai kandidat.

#6 Pengalaman yang Diinginkan 

Keahlian serta pembelajaran bisa jadi perihal yang dapat dipahami, sedangkan pengalaman memerlukan waktu. Sayangnya, banyak industri yang tidak teliti dalam menuliskan ketentuan pengalaman ataupun terencana melebih-lebihkan dari apa yang diperlukan.

Dampaknya, beberapa kandidat yang sesungguhnya sesuai buat kedudukan tersebut urung melamar sebab merasa usahanya hendak percuma. Sebab itu, saat sebelum Anda menuliskannya, mintalah anjuran dari manajer perekrutan apakah ketentuan pengalaman bertahun-tahun tersebut masuk dalam kreiteria penerimaan yang harus mencantumkan pengalaman yang diinginkan buat kedudukan tersebut.

#7 Deskripsi Perusahaan 

Banyak pencari kerja tidak cuma menginginkan pekerjaan yang dipenuhi oleh ketentuan, namun pula mau bekerja buat industri yang cocok dengan karakter mereka. Karenanya, beritahu mereka apa yang dicoba dalam industri Anda, misalnya budaya organisasi, serta gimana rasanya jadi karyawan di tempat kerja Amda. 

Beri tautan ke web karier industri apabila Anda mempunyai cerita tentang pengalaman karyawan bekerja di industri Anda. Tentu ini akan menjadi kenyamanan tersendiri apalabila diatur sedemikian rupa dalam menggambarkan pengalaman orang-orang yang bekerja di dalam industri tersebut.

#8 Benefit 

Cantumkan pula benefit ataupun khasiat unik yang hendak Anda bagikan buat calon karyawan baru Anda. Kerapkali benefit semacam asuransi kesehatan, cuti, tabungan pensiun, agenda fleksibel, serta sarana kantor yang keren dapat menjadi daya tarik tarik untuk kandidat. 

Mereka hendak menyangka industri Anda selaku tempat yang bagus buat bekerja, ataupun paling tidak mencermati kebutuhan karyawan di luar pendapatan.

#9 Kisaran Gaji 

Sebagian industri mengatakan kisaran pendapatan serta sebagian yang lain mengatakan angka tepatnya. Pada dasarnya, data pendapatan bertujuan untuk membuat calon karyawan yang melamar memiliki harapan yang sama dengan Anda semenjak dini proses rekrutmen. 

Ini pula hendak menolong Anda untuk menyaring dari dini, sebab mereka yang memiliki permintaan kompensasi lebih besar jauh dari kisaran yang Anda tawarkan tidak hendak melamar ditempat Anda.

#10 Jam Kerja, Persyaratan Ekspedisi, serta Lainnya 

Anda dianjurkan untuk membuat tentang deskripsi pekerjaan sehingga kandidat tidak kaget dikala melamar. Seperti jam operasional kerja, persyaratan ekspektasi dan lainnya. Sebagian kandidat menjauhi pekerjaan dengan jam kerja yang panjang, frekuensi ekspedisi besar, serta tanggung jawab lain yang tidak dapat mereka jalankan.

Karenanya, hal-hal semacam itu pula butuh diterangkan di depan. Saat membuat iklan rekrutmen

Panduan menulis job description

Ada 5 hal yang bisa dilakukan untuk menulis job description untuk mendapatkan kandidat yang memiliki kemampuan yang diinginkan oleh perusahaan. Yaitu :

  1. Konsultasi dengan manajer perekrutan, sehingga data tentang profil kandidat yang Anda tuliskan lumayan akurat. 
  2. Pakai terminologi yang pas buat menjauhi pencari kerja berbakat melupakan lowongan Anda.
  3. Jauhi bahasa negatif ataupun merendahkan pelamar kerja. 
  4. Jauhi mencantumkan tipe kelamin. Industri di Indonesia masih banyak menetapkan ketentuan gender buat suatu pekerjaan, walaupun ini ialah aplikasi diskriminasi yang melanggar UU Nomor 39/ 1999 tentang HAM. Di Amerika Serikat, tipe kelamin serta umur tidak masuk dalam deskripsi pekerjaan. 
  5. Dikala Anda ragu, sertakan data sebanyak-banyaknya. Penjelasan perinci bukanlah kelewatan bila bertujuan buat menanggapi seluruh persoalan pelamar serta menolong menarik kandidat yang pas.

Nah, sehabis membuat job description, Anda bisa mengunggah iklan lowongan kerja di job portal Glints secara free serta tanpa batasan. Glints merupakan platform rekrutmen digital yang berbasis di Singapore serta Indonesia yang pula ialah marketplace yang mempertemukan talenta muda serta industri.

Glints pula mempunyai layanan perekrutan TalentHunt buat menolong Anda memperoleh top talent. Beri ketahui regu handal TalentHunt job description serta profil karyawan yang Anda cari buat suatu kedudukan. Maka Anda hendak memperoleh saran kandidat cuma dalam 3 minggu.

Anda tidak butuh takut dengan pembayaran, karena Glints tidak menarik bayaran apapun juga di muka. Sehabis Anda betul-betul mempekerjakan karyawan yang direkomendasikan, Anda baru membayar bayaran rekrutmen. Bila Anda memutuskan tidak tertarik dengan kandidat dikala wawancara, maka Anda berhak menolak kandidat serta tidak dikenai bayaran pembatalan.

Ingin Dapat Pembelajaran GRATIS dari Id Motivator

 

Dapatkan EBook Behaviour Achievment Therapi secara GRATIS..!!

Kemana Ebook ini harus dikirim? Silahkan tuliskan email dan nama Anda di form yang tersedia
BLANTERLANDINGv101

Formulir Kontak Whatsapp×
Data Anda
Data Lainnya
Kirim Sekarang