NqJaNWx6NqJdLGt8MqZ9NWB8MncsynIkynwbzD1c

Bonus Buku RIL - Rangkuman Buku Best Seller #1 Why We Sleep

Terima kasih, sudah membeli buku Rise In Love sebagai apresiasi membeli dimasa …

BLANTERLANDINGv101
2430772409856040656

Bonus Buku RIL - Rangkuman Buku Best Seller #1 Why We Sleep

Sabtu, 17 Juli 2021

 

Rangkuman Buku Best Seller #1 Why We Sleep

Bonus Buku RIL - Rangkuman Buku Best Seller #1 Why We Sleep

Buku Why We Sleep yang ditulis Matthew Walker, seorang Professor ilmu saraf, otak dan psikologidi Universitas Berkeley ini menjelaskan tentang pentingnya tidur bagi kehidupan kita. Dalam resensi ini, kalian akan mempelajari tentang perlunya tidur yang cukup dan cara meningkatkan kualitas tidur untuk hidup yang lebih cerdas, sehat dan bahagia.

Manfaat Cukup Tidur

Di zaman ini, banyak orang yang menyepelekan waktu tidur mereka. Mereka beranggapan bahwa tidur merupakan kegiatan paling tidak produktif yang mereka lakukan setiap harinya. Padahal, menurut ilmu neurologi dan psikologi, tidur merupakan aktivitas produktif yang memberikan banyak manfaat bagi kesehatan Anda. 

Tidur yang cukup merupakan satu dari tiga hal yang dapat meningkatkan kesehatan Anda selain pola makan seimbang dan olahraga yang teratur. Tidur yang cukup sekitar 7-9 jam per harinya dapat meminimalisir risiko terkena beberapa penyakit berbahaya seperti dementia, diabetes, serangan jantung, stroke, bahkan kanker. 

Selain itu, secara kognitif, tidur yang cukup juga dapat meningkatkan kinerja otak Anda. Otak Anda menjadi lebih kreatif dan daya ingat Anda semakin meningkat. Ada dua fase yang terjadi saat Anda tidur yaitu REM (Rapid Eye Movement) dan NREM (Non Rapid Eye Movement). 

Ketika Anda mulai tertidur, Anda berada pada tahap REM. Pada tahap ini, mata Anda bagian dalam masih bergerak cepat. Saat inilah Anda bermimpi. Ketika bermimpi, otak Anda menghubungkan berbagai informasi secara acak yang tidak berhubungan satu dengan lainnya.

Oleh karena itu, mimpi selalu terasa aneh. Namun, ketika bermimpilah berbagai inspirasi bermunculan sehingga membuat Anda lebih kreatif dan mampu menyelesaikan berbagai persoalan. Banyak tokoh berpengaruh di dunia yang mendapatkan inspirasi ketika mereka tidur dan bermimpi. Thomas Alva Edison adalah salah satu contohnya. 

Pada tahap NREM, bagian otak yang bernama hippocampus melakukan tugasnya yaitu menghubungkan berbagai informasi yang Anda pelajari pada hari tersebut dan menyimpannya ke memori otak Anda. Oleh karena itu, orang yang tidurnya cukup akan memiliki ingatan yang lebih baik.

Agar Tidur Berkualitas     

Tidur merupakan salah satu aspek terpenting dalam kehidupan kita. Oleh karena itu, Anda harus benar-benar memperhatikannya. Pastikan bahwa Anda memiliki waktu tidur yang cukup yaitu sekitar tujuh sampai delapan jam setiap harinya. 

Ada beberapa hal yang dapat Anda lakukan untuk meningkatkan kualitas tidur Anda. Pertama, biasakanlah untuk tidur dan bangun pada waktu yang sama setiap harinya, termasuk pada akhir pekan dan hari libur. Ini akan membantu ritme kerja biologis tubuh Anda. 

Hal berikutnya adalah hindarilah penggunaan gawai sebelum tidur. Cahaya yang bersumber dari gawai Anda dapat menurunkan kadar melatonin—hormon yang berperan untuk tidur—sampai 50 persen. Kadar hormon ini meningkat ketika gelap. Oleh karena itu, disarankan untuk mematikan lampu ketika Anda tidur.

Jika Anda belum juga tertidur setelah 20 menit di ranjang, sebaiknya Anda mencari kegiatan lain yang rileks dan menenangkan. Setelah itu baru kembali melanjutkan tidur. Hal ini dapat mengurangi tingkat kecemasan dan memperlambat detak jantung sehingga membantu Anda untuk tidur.

Kebiasaan lainnya yang juga perlu Anda lakukan adalah tidur siang sekitar 30 menit sampai 1 jam sebelum jam 3 siang. Nenek moyang kita dulu terbiasa untuk tidur siang sehingga tubuh mereka lebih sehat dan usia mereka pun lebih panjang. 

Selain di tingkat personal, kebiasaan bersifat institusional juga perlu diterapkan. Dalam dunia pendidikan misalnya, waktu mulainya sekolah sebaiknya agak diperlambat karena anak-anak dan remaja memiliki jam biologis yang lebih lambat daripada orang dewasa.  Beberapa perusahaan sudah menerapkan ini dengan cara membagi shift pagi dan malam bagi karyawannya. 

Kesimpulan

  • Tidurlah sekitar tujuh sampai delapan jam setiap harinya karena tidur merupakan salah satu aspek terpenting dalam kehidupan manusia.
  • Kurang tidur dapat menimbulkan berbagai jenis penyakit seperti diabetes, dementia, stroke, serangan jantung, bahkan kanker.
  • Tidur yang cukup dapat meningkatkan kinerja otak, meningkatkan kreativitas dan mempertajam ingatan.  
  • Beberapa hal yang dapat Anda lakukan untuk meningkatkan kualitas dan kuantitas tidur Anda antara lain adalah menjadwalkan waktu tidur, tidak memainkan gawai sebelum tidur dan tidur siang sekitar 30 menit sampai 1 jam.

 Semoga bermanfaat ^_^

BLANTERLANDINGv101

Formulir Kontak Whatsapp×
Data Anda
Data Lainnya
Kirim Sekarang