NqJaNWx6NqJdLGt8MqZ9NWB8MncsynIkynwbzD1c

Menentukan Keberhasilan Kinerja

Perusahaan atau instansi Anda membutuhkan jasa pelayanan Motivator? Klik seleng…

BLANTERLANDINGv101
2430772409856040656

Menentukan Keberhasilan Kinerja

Kamis, 06 Mei 2021

 

Menentukan Keberhasilan Kinerja

Menentukan Keberhasilan Kinerja

Kalau kita menerapkan aplikasi dari NLP ternyata pembelajarannya bisa sangat luas dan mendalam tergantung kita mau mengaplikasikannya ke dalam bidang apa? Terutama ketika mempraktekkan Coaching dengan metode NLP. Menariknya kalau kita sebagai seorang Leader di perusahaan, saya yakin Anda sudah biasa menghadapi tantangan untuk mencapai kinerja. Baik itu kinerja pribadi, team, atau departemen atau perusahaan Anda.

Untuk sederhananya, pencapaian kinerja seseorang dipengaruhi dua hal, yaitu kemauan dan kemampuan. Apakah Anda setuju? Nah dari 2 hal tsb kita bisa petakan kepada kondisi team Anda seperti apa dan jenis intervensi apa yang cocok dengan mereka?

4 kuadran Kinerja

Kita mulai ya. Pada artikel ini di Digital Magazine Haikal Rusli. Dari sisi kemauan, seseorang bisa Mau dan Tidak Mau. Dari sisi Kemampuan, seseorang ada yang Mampu dan ada yang Tidak Mampu. Kalau kita kombinasikan, maka akan terjadi 4 kuadran yang terinspirasi dari Steven Covey dalam bukunya The 7 Habit, sebagai berikut :

1. Mampu dan Mau

Ini adalah team yang ideal ya. Sebagai Leader, tugas Anda adalah memberikan delegasi kepada tim, dan bila ada kesempatan, mungkin sudah saatnya mereka untuk mendapatkan promosi jabatan yang lebih baik Berarti Anda sudah berhasil dari sisi sebagai seorang Leader. 

2. Tidak Mampu dan Mau

Walaupun masih punya motivasi atau komitmen untuk bekerja, namun team seperti ini masih kurang kemampuannya baik itu dari sisi pengetahuan atau ketrampilannya. Artinya, dia masih perlu training untuk menambah kemampuannya, untuk menerapkan ilmunya di tempat kerja dengan efektif. Dia mungkin juga butuh mentoring dari Anda, supaya pengalaman Anda bisa dia pelajari dan manfaatkan untuk kemajuan tim Anda.

3. Mampu dan Tidak Mau

Sebetulnya team seperti ini punya kemampuan tapi entah kenapa motivasinya atau komitmennya kok tidak ada. Mungkin dia punya masalah pribadi atau memang gak tertarik dengan tugas-tugasnya? Atau ada hal-hal lain? Sepertinya dia perlu konseling untuk menyelesaikan masalahnya. Atau dia mungkin perlu jenis pelatihan tertentu untuk menemukan lagi semangatnya atau motivasinya.

4. Tidak Mampu dan Tidak Mau

Nah, seharusnya tipe yang seperti ini sudah difilter sejak tahap rekrutmen ya. Namun namanya manusia bisa saja yang tadinya di kuadran 3, 2, bahkan 1, bisa masuk ke kuadran ini. Sebagai awal, ada baiknya dia mendapatkan konseling lebih dulu, paling tidak untuk mendapatkan kemauannya. Setelah itu Anda bisa melakukan cara-cara di kuadran 2.

Rotasi Kinerja

Kalau tidak berhasil, Anda perlu mempertimbangkan untuk merotasi mereka. Siapa tahu dia lebih cocok di jenis pekerjaan lain. Atau kalau gak ada pilihan, sudah saatnya dia masuk ke tahap terminasi. Karena bila kita pertahankan terus bisa jadi kita telah menghalangi rejeki dia dari tempat lain.

Nah, dengan cara sederhana di atas, sekarang Anda bisa mulai memetakan tiap team Anda kondisinya lagi di kuadran yang mana. Anda pun mulai tahu jenis perlakuan seperti apa yang cocok untuk dia.

Penutup

Terima kasih, telah berkunjung di blog ini. Jika ada manfaat dari blog ini silahkan sebarkan link artikel ini kepada teman-teman Anda agar mereka mendapatkan manfaat yang sama dengan Anda.

Karena seluruh artikel yang ada di blog DIGITAL MAGAZINE diberikan 100% secara GRATIS, itulah sebabnya jangan pelit untuk beramal status mengenai link yang ada di dalam artikel ini.

Ingin konsultasi bersama kami?

Anda pasti butuh info ini :

  1. Hubunginya kemana?
  2. Dengan siapa?

Info diatas akan kami kirimkan kepada Anda, cukup isikan data diri Anda di form yang kami sediakan


 

Dapatkan pembelajaran GRATIS

Dapatkan EBook Behaviour Achievment Therapi secara GRATIS..!!

Kemana Ebook ini harus dikirim? Silahkan tuliskan email dan nama Anda di form yang tersedia
TAGS
BLANTERLANDINGv101

Formulir Kontak Whatsapp×
Data Anda
Data Lainnya
Kirim Sekarang