NqJaNWx6NqJdLGt8MqZ9NWB8MncsynIkynwbzD1c

3 Cara Membuat To Do List

Sering sulitan membuat to do list? Yuk simak artikel berikut yang siapa tahu da…

BLANTERLANDINGv101
2430772409856040656

3 Cara Membuat To Do List

Senin, 17 Mei 2021

3 Cara Membuat To Do List

Manfaat dari To Do List adalah memprioritaskan daftar tugas apa saja yang ingin dilakukan dan memastikan supaya tidak lupa untuk dilakukan.

Apa Itu To Do List?

To do List diartikan sebagai perencanaan yang berupa sekumpulan daftar tugas yang perlu diselesaikan dalam rentan waktu tertentu. Dibuat dalam rentan waktu tertentu (misalnya “harian, mingguan atau bulanan”).

Seorang pakar Psikolog dan Penulis, bernama Dr. David Cohen yang dikutip dari laman theguardian menyatakan setidaknya ada tiga alasan beliau membuat to-do-list yaitu :
  1. Mengurangi keribetan dalam mengatur tugas
  2. Membuat tugas menjadi terstruktur dan mudah dijalankan
  3. Memastikan rencana bisa dijalankan dengan sangat baik
Pada akhirnya to-do-list adalah bukti akan apa yang sudah dicapai dalam kegiatan harian, mingguan, atau bulanan.

Cara Membuat To Do List

Saya sadar tidak semua orang mau melakukan hal ini, NAMUN bagi sebagian orang mungkin terbiasa melakukan to do list karena baginya melakukan hal tersebut adalah hal yang menyenangkan. Terukurnya karena setiap melakukan tugas yang ada dalam LIST tersebut telah selesai dilakukan kita bisa memberinya tanda biasa berupa coretan/centang dan akan membuat kepuasan tersendiri saat daftar tugas yang di LIST telah dilakukan.

Pertanyaannya, bagaimana cara membuat to do list tersebut? Disini saya ingin share tentang 3 cara mudah yang efektif dan mudah membuat to do list. Apa saja?

1. Pikirkan tugas atau hal apa saja yang ingin dilakukan pada besok hari? Dan buatlah to do list pada malam hari

Malam hari biasa digunakan sebagai bahan evaluasi apa yang sudah dilakukan dan belum dilakukan pada hari itu serta mempersiapkan hal-hal apa saja yang menjadi tanggung jawabnya pada keesokan harinya.

2. Memberi Penjelasan Rinci di Setiap Tugas

Agar LIST pekerjaan tersebut benar-benar efektif maka buatlah sebuah penjelasan yang rinci di setiap tugasnya. Misalkan salah satu tugas LIST harian saya adalah membuat artikel untuk Digital Magazine ini, maka saya harus tuliskan secara terperinci apa saja yang menjadi target dari artikel tersebut. Seperti “Menulis artikel dari pendahuluan sampai tinjauan pustaka”.

Jangan sampai membuat to-do-list dengan hanya menulis ‘Buat Artikel’ karena justru akan membuat bingung dan tidak terarah yang justru akan membuang-buang waktu. Kalau sudah hilang arah biasanya akan terabaikan dan tidak mau dilakukan.

3. Hanya Menuliskan Tugas yang Pasti Bisa Dikerjakan

Nah, ini penting. Karena tidak semua pekerjaan bisa kita kerjakan makanya tulislah hanya yang bisa dikerjakan saja. Pastikan bahwa to-do-list yang ditulis benar-benar penting dan bisa dikerjakan. Kalau memaksakan kehendak untuk memasukkan tugas yang sudah pasti tidak bisa dikerjakan dalam to-do-list akan berdampak buruk seperti mudah stress, memberikan tekanan besar dan lainnya, karena terlalu banyak yang harus dikerjakan.

To-do-list pada hakikatnya adalah alat perintah akan diri sendiri untuk mengerjakan sesuatu. Penerapan to-do-list di kehidupan sehari-hari bisa memberikan arahan pada diri sendiri untuk mengerjakan hal yang memang penting dan membuat mindset pada diri bahwa ‘masih ada pekerjaan X yang harus saya selesaikan’.

Semoga Tuhan menjodohkan kita untuk dapat ngobrol banyak, belajar bersama, bahkan bersinergi bersama dengan kolobarasi yang menginspirasi sesama.

Penutup

Terima kasih, telah berkunjung di blog ini. Jika ada manfaat dari blog ini silahkan sebarkan link artikel ini kepada teman-teman Anda agar mereka mendapatkan manfaat yang sama dengan Anda.

Karena seluruh artikel yang ada di blog DIGITAL MAGAZINE diberikan 100% secara GRATIS, itulah sebabnya jangan pelit untuk beramal status mengenai link yang ada di dalam artikel ini.

Terima kasih, dari sahabatmu

Dapatkan EBook Behaviour Achievment Therapi secara GRATIS..!!

Kemana Ebook ini harus dikirim? Silahkan tuliskan email dan nama Anda di form yang tersedia
BLANTERLANDINGv101

Formulir Kontak Whatsapp×
Data Anda
Data Lainnya
Kirim Sekarang