NqJaNWx6NqJdLGt8MqZ9NWB8MncsynIkynwbzD1c

Jaminan Rezeki Dalam Al-Quran

BLANTERLANDINGv101
2430772409856040656

Jaminan Rezeki Dalam Al-Quran

Kamis, 15 April 2021

Halo teman-teman semuanya, senang sekali bisa kembali sharing terus dari waktu ke waktu dalam digital magazine ini. Semoga ini menjadi amal jariah untuk kita semuanya. Oh iya, dalam kesempatan kali ini saya ingin sharing tentang "Jaminan Rezeki Dalam Al-Quran".

Sebagai hamba dan umatNya kita telah dijamin rezekiNya oleh Sang Pemilik Makhluk, namun terkadang kita mengartikannya hanya persoalan UANG yang dihasilkan oleh jeripayah, karena bekerja keras, padahal jika kita mampu merenungkanNya rezeki Allah itu teramat sangat luas. Seperti apa jaminan rezeki dalam al quran tersebut?

Ada 8 jalan yang dijamin oleh Allah untuk rezeki setiap hambaNya, yaitu :

  1. Rezeki yang Telah Dijamin
  2. Rezeki Karena Usaha
  3. Rezeki Karena Bersyukur
  4. Rezeki Tak Terduga
  5. Rezeki Karena Istigfar
  6. Rezeki Karena Menikah
  7. Rezeki Karena Anak
  8. Rezeki Karena Sedekah

Seperti detailnya jaminan rezeki menurut Al-Quran tersebut? Mari kita bahas satu per satu mulai dari ...

Pertama, Rezeki yang Telah Dijamin

“Tidak ada satu makhluk melatapun yang bergerak di atas bumi yang tidak dijamin Allah rezekinya” - QS. Hud 6

Contohnya : Meskipun seorang anak piatu yang tidak memiliki orangtua namun ia akan tetap hidup, sampai besar dirawat panti asuhan atau diadopsi oleh keluarga oranglain, maka Allah akan menuntun orang-orang baik untuk menghidupi anak tersebut.

Kedua, Rezeki Karena Usaha

“Tidaklah manusia mendapatkan apa-apa kecuali yang dikerjakannya” - QS. An Najm 39

Contoh : kita sebagai seorang hambaNya ketika memiliki keuletan dalam usaha, kejujuran dalam beretika, melakukan segala hal yang bisa dilakukan, didalam kesungguhan maka akan terdapat hasil.

Ketiga, Rezeki Karena Bersyukur

“Sesungguhnya jika engkau bersyukur pasti kami akan menambah (nikmat) kepadamu” - QS Ibrahim 7

Contoh : Negera tetangga kita Brunei Darussalam baru-baru ini negara tersebut menerapkan hukum syariat islam sebagai bentuk rasa syukur kepada Allah atas nikmatNya, maka Negara tersebut kini menemukan ladang gas baru dengan kapaasititas yang masya allah begitu sangat besar yaitu miliaran kubik. Masya Allah sungguh nikmat yang luarbiasa ketika kita mampu bersyukur.

Keempat, Rezeki Tak Terduga

“Barangsiapa yang bertakwa kepada Allah niscaya Dia akan menjaadikan baginya jalan keluar dan memberinya rezeki dari arah yang tidak disangka-sangka” - QS – Athalaq 2

Contoh : sebagai seorang enterpreneur, seringkali saya mendapatkan panggilan Training karena sumber yang tidak terduga-duga, bahkan dari orang-orang yang tidak disangka-sangka, melalui jalan yang beragam. Sungguh Allah Maha Baik, sebagai hambaNya kita hanya perlu taat dan meningkatkan ketaqwaan kita kepadaNya.

Kelima, Rezeki Karena Istigfar

“Beristighfarlah kepada Tuhanmu, sesungguhnya Dia adalah Maha Pengampun, pasti Dia akan mengirimkan hujan kepadamu dengan lebat dan memperbanyak harta” - QS Nuh 10 – 12

Contoh : Dahulu kala pada zaman Nabi Yunus, ketika para kaumnya bertobat maka Allah karuniakan kemakmuran bagi mereka sampai 40 tahun, riwayat lain mengatakan sampai 80 tahun lamanya.

Contoh Lain : Hal ini pernah saya lakukan ketika saya dihadapkan oleh beberapa proyek yang mangkrak maka saya teringat pesan guru saya untuk beristigfar selama 40 hari lamanya setelah sholat malam. Alhamdulillah belum mencapai 40 hari semua proyek yang mangkrak tersebut dibukakan jalanNya, Alhamdulillah Maha Besar Allah dengan segala kuasaNya.

Keenam, Rezeki Karena Menikah

“Dan nikmatkanlah orang-orang yang masih membujang diantara kamu dan juga orang-orang yang layak dari hamba sahayamu baik laki-laki dan perempuan. Jika mereka miskin, maka Allah akan memberikan kemapanan kepada mereka dengan kerunia-Nya” - QS An – Nur 32

Contoh : Ketika masih bujangan Abdurrahman bin Auf r.a hanya seorang penjual tali, namun setelah menikah ia menjadi pengusaha besar owner pasar Madinah.

Ketujuh, Rezeki Karena Anak

“Dan janganlah kamu membunuh anak-anakmu karena takut miskin. Kamilah yang akan menanggung rezeki mereka dan juga (rezeki) bagimu” - Qs Al Isra : 31

Contoh : Yakub waktu mudanya hijrah dari rumahnya dan menjadi pengembala kambing, setelah menikah memiliki 12 anak, justru kambing-kambingnya juga makin bertambah banyak.

Kedelapan, Rezeki Karena Sedekah

“Siapakah yang mau memberi pinjaman kepada Allah, pinjaman yang baik (infak dan sedekah), maka Allah akan melipat gandakan pembayaran kepadanya dengan lipatan yang banyak” - QS. Al-Baqoroh 245

Contoh : Kedermawanan Utsman bin Affan r.a hingga kini masih ada warisannya dan tabungannya masih tersimpan di nomer rekening Bank Syariah Arab Saudi. Kami pun memiliki komunitas berbagi sehingga memudahkan kita untuk bisa berdonasi yang insya allah akan menjadi wasilah kita bersama dalam beramal baik.


Inilah 8 Jalan Rezeki Dalam Al Quran yang Allah jamin kepada UmatNya. Terima kasih, telah membaca artikel kami. Semoga apa yang disampaikan dalam artikel dapat memberikan manfaat untuk kita semuanya. Sekiranya bermanfaat boleh silahkan sebarkan artikel ini kepada teman-teman Anda lainnya agar mereka mendapatkan manfaat yang sama dengan Anda. Dengan cara menyebarkan Link artikel ini kepada mereka.

BLANTERLANDINGv101

Formulir Kontak Whatsapp×
Data Anda
Data Lainnya
Kirim Sekarang